Japanese Office Project

1 10 2012

Design and renovation for Toray International Indonesia

By Eduard

Kali ini saya mendapatkan project untuk menjadi konsultan dan kontraktor bagi salah satu perusahaan garmen terbesar di dunia, yaitu Toray yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini berlokasi di Gedung Summitmas II Jakarta. Sebelumnya perusahaan ini berada di lantai 3 bersama dengan holding dan divisi lain, dikarenakan pertumbuhan yang cukup baik perusahaan ini membutuhkan space yang lebih luas. Akhirnya Toray memutuskan pindah ke lantai 20 dengan luas ruangan sekitar 200 m2.

Keinginan Direktur Toray yang berasal dari Jepang menginginkan interior yang nyaman, fungsional, rapi dan detail. Permainan warna tidak terlalu mencolok, tetapi dia mengharapkan ciri khas warna perusahaan yaitu biru dapat diaplikasikan di interior.

Area resepsionis saya design dengan permainan backdrop warna biru langit serta panel berbentuk anak tangga, yang mencerminkan kinerja perusahaan yang selalu meningkat setiap tahun. Meja resepsionis berwarna putih agar terlihat clean dikombinasikan dengan finishing kayu natural dan permainan rumput di atas nya.

Sedangkan area staff terdiri dari 21 meja staff dan 4 meja direktur. Unik nya perusahaan ini, para direktur yang berasal dari Jepang menginginkan meja direktur konsep terbuka dan bergabung dengan area staff, sehingga tidak ada sekat atau partisi khusus untuk para direktur. Konsep ini dilakukan karena sifat orang Jepang yang tidak membeda-bedakan jabatan dan akrab dengan staff nya. Meja staff saya bentuk 3 island workstation masing2 terdiri 7 meja, dan untuk partisi nya menggunakan bahan akrilik berwarna biru dan putih, agar ruangan terlihat luas dan modern.

Untuk area Pantry saya buat konsep menarik dan unik, yaitu partisi kaca dengan frame berbentuk honeycomb atau sarang lebah. Konsep ini agar ruang pantry tidak terlihat sempit, serta menjadi pusat perhatian dari area staff secara keseluruhan. Selain itu, dinding nya didesign dengan panel berbentuk ranting-ranting pohon dengan latar belakang warna biru langit.

Perusahaan ini memiliki 3 ruang meeting, dimana terdiri 2 ruang meeting kecil dan 1 ruang meeting besar. Ke tiga ruang meeting ini diberi partisi pintu difinish panel semi kulit, dimana pintu partisi ini dapat dibuka sehingga ketiga ruang meeting dapat dijadikan 1 ruang meeting besar. Konsep design ruang meeting saya buat lebih formal dikarenakan untuk menjamu beberapa tamu penting baik dari Jepang maupun perusahaan ternama di Indonesia. Didalam ruang meeting tersebut terdapat lemari showcase yang berfungsi untuk mempromosikan produk-produk garmen dari Toray.

Setelah design dan beberapa revisi minor, akhirnya konsep design saya ini disetujui oleh klien dan segera diproduksi dalam waktu yang cukup singkat yaitu 2 bulan. Tetapi setelah melihat klien puas dengan hasil nya, maka kerja keras selama 2 bulan ini terbayar sudah.

Foto-foto setelah selesai renovasi dapat dilihat berikut ini :

Resepsionis Area

Area koridor

Ruang meeting kecil

Signage pintu

Pantry area

Staff area

Meeting room

Regards,
Eduard
www.vindodesign.com
0818-08069152

FacebookTwitterGoogle+PinterestFlipboardEmail

Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>